Rabu, 18 Februari 2015

Fotografi?

Tidak ada komentar :
Selamat malam/pagi/siang :v

Kali ini nih kita bakal jelasin tentang Fotografi. Mungkin pandangan banyak orang, fotografi itu pasti pakai kamera SLR. eitsss, jangan salah, kamera smartphone kalian juga bisa.

Apa sih Fotografi itu?
Fotografi (dari bahasa inggrisphotography, yang berasal dari kata Yunani
yaitu "photos" : Cahaya dan "Grafo" : Melukis/menulis.) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat.
Prinsip fotografi adalah memokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghailkan bayangan identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa).
Untuk mengatur intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan alat ukur yang disebut lightmeter. Setelah tepat, biasanya seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tsb dengan mengkombinasi ISO, Speed, Aperture. 

Alat yang digunakan dalam fotografi itu apa aja?

1. Kamera SLR/DSLR
nah.. buat kalian nih, pasti bayangan kalian, SLR sama DSLR itu sama aja, yaitu kamera yang gede, isa ganti" lensa :v

SLR (Single Lens Reflex)
Single lens reflex atau arti lainnya menggunakan lensa tunggal. Artinya, cahaya dibawa oleh satu lensa ke dua tempat yaitu focal plane dan view finder. Dengan system tersebut maka gambar yang dihasilkan di layar dan sebenarnya sama persis. Jadi, fotografer dapat memastikan pengambilan gambarnya sudah pas.

DSLR (Digital Single Lens Reflex)
DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Bila kita hendak memotret objek menggunakan kamera tersebut, maka kita harus melihat tempat memusatkan titik focus agar gambar yang dihasilkan pas. Memang kamera memiliki film yang bisa dilihat saat pemotretan, namun hasilnya kurang sesuai. Kamera ini sudah cukup modern dan memiliki mechanical mirror system dan pentraprisma untuk memfokuskan cahaya yang datang ke optical viewfinder. Nah, cara kerja kamera dslr sangat modern yaitu menggunakan teknik digital. Kamera jenis ini sudah tidak perlu gulungan film hitam sepertu dulu lagi. Hasil jepretan langsung disimpan di memori card yang bentuknya segiempat kecil namun mampu menyimpan banyak data..

Sumber: blogspot orang & Wikipedia.

Sekian nih sedikit banget hal tentang fotografi. Semoga bermanfaat.
Sekian dan Terima Kasih :))

Tidak ada komentar :

Posting Komentar